Kegiatan Kaderisasi Mahasiswa Manajemen Universitas Pertamina

Jakarta – Perkembangan revolusi industri hingga saat ini mempengaruhi pola perkembangan dalam sistem berorganisasi yang begitu variatif. Hal ini menuntut setiap manusia untuk mampu menyesuaikan diri terhadap setiap masa atau zaman yang berlaku. Salah satu contohnya adalah mahasiswa di lingkungan organisasi kampus. Dunia perkuliahan merupakan suatu hal yang lumrah bagi para mahasiswa untuk aktif mengikuti kegiatan di kampus seperti berorganisasi. Oleh karena itu, dalam menghadapi suatu cara berorganisasi pada era yang disruptif ini, MSPU (Management Society of Pertamina University) menyiapkan sebuah kegiatan yang bersifat wajib untuk mahasiswa/i manajemen Universitas Pertamina sebagai langkah awal dalam menumbuhkan konsep diri yang unggul dan siap terjun di dunia industri. Hal ini dilandasi dengan moto Universitas Pertamina yaitu “Be the Global Leader” yang mewujudkan seluruh mahasiswanya untuk siap menjadi pemimpin yang berpengaruh terhadap dunia secara luas. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai perbekalan rutin setiap angkatan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa/i manajemen angkatan baru. Kaderisasi setiap tahun memiliki nama yang berbeda sebagai bentuk ikon yang mendasari bahwa zaman akan terus berkembang. Kegiatan kaderisasi mahasiswa manajemen tahun ini dikenal dengan sebutan RETRA OF MSPU.

Kegiatan kaderisasi wajib ini akan diikuti oleh seluruh mahasiswa/i manajemen angkatan 2018 dan 2019 dengan jumlah peserta mencapai rentang 140 – 150 peserta. Dalam menjalankan kegiatannya, RETRA OF MSPU memiliki beberapa tujuan, yang diantaranya :

  1. Mempersiapkan Mahasiswa Universitas Pertamina Program Studi Manajemen Angkatan 2018 dalam menghadapi keorganisasian didunia perkuliahan, terutama dalam ruang lingkup Program Studi Manajemen
  2. Memberikan gambaran mengenai organisasi Himpunan Mahasiswa.
  3. Meningkatkan, mengembangkan, dan memperluas wawasan dalam keorganisasian dan kepemimpinan.
  4. Mendorong dan mengaasah potensi kepemimpinan yang ada pada individu Mahasiswa Manajemen 2018
  5. Membekali Mahasiswa/i Manajemen 2018 dengan wawasan, sikap dan keterampilan dalam berorganisasi.

Kegiatan RETRA of MSPU meliputi tiga kategori pembelajaran, yang diantaranya terdapat kelas materi, kelas praktek, dan tes materi. Pertama, kelas materi merupakan sebuah metode pembelajaran bagi peserta untuk mendapatkan materi – materi terkait bidang kepemimpinan dan organisasi yang disampaikan secara langsung oleh pembicara setiap pertemuan. Kedua, kelas praktek memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan FGD (Focus Group Discussing) sesuai dengan materi yang telah disampaikan oleh pembicara. Ketiga, terdapat tes materi yang berupa tes tertulis bagi peserta sebagai penilaian pemahaman terhadap materi yang telah disampaikan selama kegiatan berlangsung.

Dengan adanya RETRA of MSPU, mahasiswa/i manajemen angkatan 2018 dan 2019 diharapkan mampu menjadi organisator dan pemimpin di dalam ruang lingkup organisasi, baik organisasi internal maupun eksternal kampus. Hal tersebut juga menjadi penunjang untuk mewujudkan moto Universitas Pertamina yaitu menjadi insan yang siap terjun dan memimpin di dunia secara luas.