Kurikulum

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Program Studi Manajemen

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Pertamina

 

SEMESTER 1
No Kode MK Mata Kuliah SKS Deskripsi
1 EC1101 Pengantar Mikroekonomi (Microeconomics) 3 Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar mikroekonomi dengan contoh-contoh sederhana untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam. Pengantar ekonomi mikro merupakan mata kuliah yang menganalisis perilaku konsumen, produsen dan pasar. Mata kuliah ini mendorong mahasiswa untuk memahami persoalan-persoalan pokok yang terjadi pada setiap individu (pelaku ekonomi) dalam mencapai kepuasan yang maksimum dengan anggaran tertentu. Kemudian memahami proses efisiensi produksi rumah-tangga perusahaan dalam penggunaan faktor produksi sehingga dapat keuntungan yang maksimum. Materi perkuliahan dimulai dari konsep dasar teori ekonomi, konsep permintaan dan penawaran serta harga keseimbangan, elastisitas, teori perilaku konsumen, teori produksi, teori biaya dan keseimbangan perusahaan baik di pasar persaingan sempurna maupun pasar persaingan tidak sempurna.
2 CS1101 Pengantar Teknologi Informasi

(Introduction to Information Technology)

2 Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar mengenai konsep dasar dan pemanfaatan sistem komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) dan jaringan secara etis,aman, dan legal.
3 MN1101 Pengantar Bisnis (Introduction to Business) 3 Mata Kuliah ini memberikan bekal pengetahuan, pengertian serta pemahaman kepada para mahasiswa agar menguasai wawasan, ruang lingkup berbagai konsep-konsep bisnis, baik di bidang bisnis energi atau lainnya.
4 UP1103 Bahasa Inggris 1 (English 1) 2 mata kuliah Membaca dan Menulis Kritis dengan bobot 2 SKS yang bertujuan untuk membiasakan mahasiswa dengan cara pemikiran kritis dan kemampuan komunikasi yang efektif, terutama dalam kegiatan membaca yang mencakup tahapan: sebelum membaca, selama proses membaca, dan setelah proses membaca. Mahasiswa diberi dan dibekali keterampilan untuk menganalisis sebuah artikel atau buku yang relevan dengan kebutuhan membaca mereka, secara kritis mengidentifikasi gagasan yang relevan dengan kebutuhan bacaan mereka dengan menggunakan anotasi, dll, dan mengidentifikasi berbagai gagasan, seperti gagasan utama, gagasan pendukung, argumen, dan sanggahan. Sebagai hasil mempelajari keterampilan membaca kritis, siswa diharapkan dapat menulis esai summary-response yang seimbang, lengkap, dan objektif dengan menggunakan kalimat mereka sendiri (parafrase) dan kemudian menanggapi artikel tersebut dalam bentuk esai summary-response, dan menerapkan cara sitasi dan mengutip yang tepat dan akurat dalam esai mereka.
5 MN1102 Matematika Bisnis (Business Mathematics) 3 Mata kuliah membahas dasar-dasar matematika yang diperlukan untuk memahami fenomena bisnis yang terjadi. Dengan pendekatan matematis, sebuah fenomena bisnis akan dapat dianalisis secara lebih mudah dan sederhana karena variabel-variabel yang seringkali rumit dapat dinyatakan dalam bentuk simbol-simbol dan kalimat-kalimat verbal yang panjang lebar dapat dinyatakan dalam bentuk hubungan matematis.
6 UP1102 Tata Tulis Karya Ilmiah (Writing Scientific Papers) 2 Mata kuliah ini mempelajari dan mengasah keterampilan menulis dan berbicara dengan penekan dalam ranah ilmiah. Keterampilan tersebut meliputi kemampuan menyusun karya tulis ilmiah sesuai dengan kaidah yang berlaku.
7 UP1101 Berpikir Kritis (Critical Thinking) 1 Berpikir Kritis adalah mata kuliah yang mempelajari elemen-elemen berpikir yang ada di diri manusia serta mengajarkan standar berpikir kritis sehingga pada akhirnya mahasiswa mampu memperbaiki dan atau meningkatkan proses berpikir mereka menjadi lebih terorganisir dan terstruktur. Kedepannya diharapkan kemampuan softskill ini dapat membantu mereka pada saat kuliah maupun setelah menamatkan pendidikan mereka di Universitas Pertamina.
8 UP1106 Konsep Peng.Ilmu Pengetahuan (The Concept of Knowledge and Science) 2 Mata kuliah ini berisi konsep umum ilmu pengetahuan alam yang berhubungan secara langsung dan tidak langsung dengan pengembangan teknologi tertentu dan sejumlah permasalahan lingkungan serta kaitannya dengan aspek sosial.
Total SKS 18  

 

 

SEMESTER 2
No Kode MK Mata Kuliah SKS Deskripsi
1 MN1201 Pengantar Manajemen

(Introduction to Management)

3 Kuliah Pengantar Manajemen mempelajari manajemen dari segi teori, konsep dan prosesnya sebagai bagian mendasar dalam studi manajemen. Mata kuliah ini juga mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam penerapan konsep-konsep manajemen. Mata kuliah ini membahas bagaimana pencapaian tujuan organisasi dengan pendekatan fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan dan implementasi (leading), dan pengawasan (controlling).
2 EC1202 Pengantar Makroekonomi (Macroeconomics) 3 Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman secara umum mengenai konsep dan teori-teori makroekonomi terutama terkait konsep dasar data makroekonomi terkait output (PDB), harga beserta inflasi, dan kerja serta pengangguran; kebijakan fiskal dan moneter; serta masalah-masalah ekonomi dari sudut pandang ilmu ekonomi sebagai ilmu sosial.
3 UP0013 Pengantar Teknologi & Bisnis Energi (Technology and Business Energy) 2 Mata kuliah ini membahas konsep dasar energi mulai dari definisi energi, tipe-tipe energi, bentuk energi, teknologi yang digunakan untuk memperolehnya, pemanfaatan energi dan pengaruhnya ke aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan, baik itu energi fossil maupun energi terbarukan.
4 UP0011 Agama & Etika (Religion and Ethics) 2 Mata kuliah Agama dan Etika merupakan dasar-dasar pengetahuan tentang agama yang perlu diketahui, dipahami, dan dimengerti oleh para mahasiswa, sehingga dapat diamalkan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari dan memberi warna dalam interaksi mereka dengan program studi yang didalami dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan pengamalan tersebut, diharapkan mahasiswa dapat membiasakan diri dengan penghayatan ajaran agama, sehingga mampu menjadi insan intelektual yang bertaqwa di bidangnya masing-masing.
5 UP1203 Bahasa Inggris 2 (English 2) 2 Kelas ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pelatihan dan pengalaman untuk menyampaikan presentasi lisan yang efektif di berbagai kesempatan akademis. Tujuan dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa memiliki pengalaman dalam menyampaikan presentasi formal dalam bahasa Inggris. Selain berfokus pada konten, struktur, dan cara penyampaian presentasi lisan, yang menjadi fokus pembelajaran adalah aspek tertentu yang diperlukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum, termasuk pengucapan, volume suara, intonasi dan bahasa tubuh, untuk membantu meningkatkan kemampuan presentasi mahasiswa secara keseluruhan.
6 UP1204 Berpikir Solusi Kreatif (Creative Problem Solving) 2 Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari tentang tahapan (heuristic) dan konsep dasar Berpikir Solusi Kreatif serta aplikasinya dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi baik di ranah pribadi, organisasi, maupun publik.
7 MN1202 Pengantar Akuntansi (Accounting) 2 Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang dasar akuntansi

keuangan, persamaan akuntansi, teknik pencatatan transaksi transaksi bisnis sehingga menjadi laporan keuangan baik untuk perusahaan jasa, dagang dan manufaktur dalam bentuk jenis perusahaan perorangan dan perseroan terbatas.

8 UP0012 Pancasila & Kewarganegaraan (Pancasila & Citizenship) 2 Mata kuliah ini berfokus pada pengembangan pengetahuan, pemahaman, dan wawasan kebangsaan Indonesia sebagai dasar pengembangan diri mahasiswa dan/atau profesional sehingga menjadi manusia paripurna, meliputi; pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik dalam penyelesaian tugas, bertindak sebagai warga negara yang bangga dan mencintai negaranya serta mendukung upaya perdamaian dunia, mampu bekerja sama dan memiliki kepedulian dan kesadaran sosial yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungan, menghormati keragaman budaya, pandangan, keyakinan, dan agama serta

pendapat atau kreasi orang lain, menjunjung tinggi upaya penegakan hukum, serta memiliki semangat untuk mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi.

    Total SKS 18  

 

 

 

SEMESTER PENDEK 1
No Kode MK Mata Kuliah SKS Deskripsi
1 EC2104 Perekonomian Indonesia (The Economics of Indonesia) 3 Mata kuliah ini merupakan kapitas selekta dari Perekonomian Indonesia yang akan membahas beberapa topik yang relevan untuk dipelajari dan dipahami oleh mahasiswa tentang permasalahan dalam pembangunan ekonomi di Indonesia
2 MN0001 Hukum dan Etika Bisnis (The Economics of Indonesia) 3 Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang etika dan ketentuan hukum yang mendasar dalam setiap transaksi di Indonesia. Penekanan mata kuliah ini diberikan pada pengambilan keputusan bisnis yang didasarkan kepada etika dan pengantar hukum perdata & hukum dagang yang berkaitan dengan transaksi ekonomi.
3 MN0002 Komunikasi Bisnis (Business Communication) 3 Mata kuliah Komunikasi Bisnis bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa berkomunikasi, baik tulisan maupun lisan. Dalam pekerjaan yang berkaitan dengan manajerial, kemampuan komunikasi yang baik sangat wajib dimiliki oleh setiap manajer/pemimpin. Kemampuan ini diharapkan akan bermanfaat dalam lingkungan kerja perusahaan atau organisasi lainnya.
Total SKS 9  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SEMESTER 3
No Kode MK Mata Kuliah SKS Deskripsi
1 MN2101 Perilaku Organisasional (Organizational Behavior) 3 Mata kuliah ini mempelajari teori dan konsep tentang perilaku di dalam organisasi. Perilaku-perilaku tersebut terdiri dari perilaku individual, perilaku kelompok, desain dan struktur organisasi, proses organisasi, serta dinamika dan perubahan organisasi. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan secara teoritis dan analisis kasus-kasus yang

dianggap relevan dengan materi prilaku keorganisasian.

2 MN2102 Manajemen Pemasaran (Marketing Management) 3 This course studies about marketing management and various aspects of marketing management within the organization / company
3 EC1102 Statistik Ekonomi dan Bisnis (Economics and Business Statistics 1) 3 Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep probabilitas dan statistika serta penerapannya dalam bidang ekonomi dan bisnis untuk mengambil keputusan.
4 MN2103 Manajemen Keuangan (Financial Management 1) 3 Mata kuliah ini menjelaskan tentang teori teori keuangan serta implementasinya dalam perusahaan.
5 MN2104 Manajemen SDA dan Lingkungan (Management of Natural Resources and Environment) 2 Mata kuliah ini membahas aspek-aspek pengelolaan lingkungan hidup

dan segala upaya yang dapat dilakukan untuk menjamin keselarasan antara bisnis dan lingkungan hidup serta penerapan pengelolaan sumber daya alam yang berkesinambungan, sehingga sumber daya alam tersebut bermanfaat secara optimal untuk kepentingan masyarakat dalam dimensi kini dan masa datang dengan tetap memperhatikan keseimbangan lingkungan.

6 MN2105 Akuntansi Biaya (Cost Accounting) 3 Mata kuliah yang memberikan pengetahuan dasar mengenai fungsi akuntansi biaya untuk membantu manajemen dalam perencanaan dan pengendalian kegiatan perusahaan
7 MN2106 Riset Operasi (Operation Research) 3 Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai riset operasi, membuat model riset operasi dengan berbagai perangkat seperti linear programming, model simplex, analisis sensitivitas. Selain daripada itu, mata kuliah ini juga mengajarkan mahasiswa untuk mendefinisikan permasalahan yang ada di dunia nyata kedalam bentuk permodelan kuantitatif.
Total SKS 20  

 

 

 

SEMESTER 4
No Kode MK Mata Kuliah SKS Deskripsi
1 MN2201 Perilaku Konsumen (Consumer Behavior) 3 Mata kuliah ini akan memberikan pemahaman mengenai yaitu faktor affect and cognition, faktor behavior, dan faktor environment serta hubungan masing-masing faktor dengan strategi bauran pemasaran (product, price, placement and promotion, people, physical evidence dan process) suatu produk dan atau jasa.
2 MN2202 Manajemen Keuangan (2) (Financial Management 2) 3 Mata kuliah ini adalah mata kuliah lanjutan dari Manajemen Keuangan 1,

dalam mata kuliah ini membahas tentang pengertian dan teori-teori struktur modal, dan perhitungan biaya komponen: pinjaman, saham preferen, saham dan pendapatan ditahan, pengaruh struktur pinjaman terhadap biaya modal keseluruhan (model MM), pengaruh modal pinjaman terhadap biaya pinjaman dan ekuitas, dan perhitungan biaya modal marjinal. Seperti: model Modigliani Miller (MM theory), balancing theory dan pecking order theory.

3 MN2203 Bisnis Internasional (International Business) 2 Mata kuliah ini akan membahas berbagai faktor yang mempengaruhi bisnis internasional dan strategi bisnis internasional
4 MN2204 Akuntansi Manajerial (Managerial Accounting) 3 Mata kuliah ini menjelaskan pengertian mengenai peranan akuntansi dalam perencanaan dan pengendalian biaya. Selain itu, akuntansi manajemen juga memberikan informasi yang berkaitan dengan biaya pada pihak manajemen yang memungkinkan mereka membuat keputusan.
5 MN2205 Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resources Management) 3 This course examines human resource management theory, relevant applications and cases, it focuses on HR issues. This course provide

students with theories and concepts of contemporary personnel management, to facilitate comprehension of the main functions and responsibilities of HR managers. Even if you do not enter a career in Human Resources, you should understand the topics covered in this course since the job of the general manager is to supervise people as well as financial and material resources.

6 MN2206 Manajemen Operasi(Operation Management) 3 Mata kuliah ini untuk mempelajari tentang aspek-aspek yang terkait dalam sistem operasi bisnis meliputi desain operasi dan pengelolaan operasional perusahaan.
7 EC1203 Statistika Ekonomi dan Bisnis Lanjutan (Economics and Business Statistics 2) 3 Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep dasar statistika lanjutan serta penerapannya dalam bidang ekonomi dan bisnis untuk mengambil sebuah keputusan.
    Total SKS 20  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SEMESTER PENDEK 2
No Kode MK Mata Kuliah SKS Deskripsi
1 MN0011 Metode Penelitian Untuk Bisnis (Research Methods for Business) 3 Mata kuliah ini mempelajari teknik dan metode yang digunakan dalam penelitian untuk bisnis baik dalam kuantitatif maupun kualitatif. Mata kuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa software ataupun hal yang diperlukan dalam melalukan penelitian.
2 MN0003 Manajemen Penjualan (Sales Management) 3 Mata kuliah yang mempelajari unsur-unsur kekuatan penjualan yang efektif sebagai komponen kunci dari seluruh kegiatan pemasaran. Mata kuliah ini akan memperluas pemahaman siswa tentang jangkauan pemasaran dan dampak potensial dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
3 MN0004 Hubungan Industrial (Industrial Relations) 3 Mata kuliah ini menjelaskan berbagai isu dan kebijakan hubungan antara manajemen dengan pekerja dalam Konteks Indonesia pada khususnya dan memperkenalkan siswa pada terminologi, sejarah, dan model sistem hubungan industrial di Indonesia. Mahasiswa akan mengetahui bagaimana sistem hubungan industrial di Indonesia bekerja secara umum, serta isu-isu yang spesifik seperti peran serikat pekerja, proses pengupahan, perkembangan hubungan industrial di Indonesia, hubungannya dengan ketenagakerjaan, penyelesaian sengketa, serta organisasi perburuhan Internasional dan K3.
    Total SKS 9  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SEMESTER 5
No Kode MK Mata Kuliah SKS Deskripsi
1 MN3101 Manajemen Strategik (Strategic Management) 3 Mata kuliah ini mendiskripsikan pola berpikir strategik dalam fungsi-fungsi

manajemen meliputi: perencanaan, penerapan dan pengawasan / pengendalian untuk menghasilkan strategi yang tepat dalam mencapai

tujuan.

2 Mata Kuliah Pilihan Bebas (Elective Courses) 2
3 MN3102 Manajemen Merek (Brand Management) 3 Mata kuliah ini memberikan pemahanan dan pengetahuan mengenai pengenalan merek, peran merek, tujuan merek dan manajamen merek.
4 MN3103 Studi Kelayakan Bisnis (Business Feasibility Study) 3 Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan konsep mengenai teknik- teknik serta faktor-faktor yang perlu diperhatikan dan dikuasai dalam

melakukan penilaian kelayakan suatu proyek atau bisnis.

5 MN3104 Sistem Informasi Manajemen (Management Information System) 3 Mata kuliah Sistem Informasi Manajemen memberikan pemahaman tentang bagaimana sistem informasi manajemen pada sebuah organisasi digunakan dalam membuat keputusan bisnis.
6 MN3105 Lembaga dan Pasar Keuangan (Financial Institution and Markets) 3 This course is designed to provide a unified framework for understanding financial markets, institutions and instruments. It focuses on several topics, including the structure and regulation of various markets in financial instruments, operation of banks and non-bank financial institutions, central bank operations and their effect on financial institutions, risks faced by the managers of financial institutions and the methods, markets and instruments for managing these risks.
7 MN3106 Manajemen Proyek (Project Management) 3 Mata kuliah membimbing mahasiswa melalui konsep manajemen proyek mendasar dan keterampilan perilaku yang diperlukan untuk berhasil meluncurkan, memimpin, dan menyadari manfaat dari proyek dalam organisasi profit dan nirlaba. Teori manajemen proyek, istilah dan konsep diperkenalkan dalam kursus ini. Mahasiswa akan menemukan siklus hidup proyek dan belajar bagaimana membangun proyek yang sukses dari pra-implementasi hingga selesai. Mata kuliah ini akan memperkenalkan topik manajemen proyek seperti sumber daya, biaya, batasan waktu dan cakupan proyek.
Total SKS 20  

 

 

SEMESTER 6
No Kode MK Mata Kuliah SKS Deskripsi
1 MN3201 Kewirausahaan (Entrepreneurship) 3 Perkuliahan kewirausahaan berisi pengajaran mengenai konsep-konsep dasar kewirausahaan, analisis isu-isu strategis bidang kewirausahaan

dan ketrampilan-ketrampilan dasar kewirausahaan.

2 MN3202 Teknik Penulisan dan Pengembangan Proposal Penelitian (Writing Technique and Research Proposal) 3 Mata kuliah ini mempelajari mengenai konsep dasar dan teknik penyusunan proposal penelitian. Beberapa materi yang dipelajari adalah: prinsip-prinsip penyusunan proposal penelitian, prinsip-prinsip penelitian, proses dan etika dalam penelitian, teknik penyusunan proposal penelitian dan pengembangan penulisan proposal, serta penulisan laporan dan hasil penelitian.
3 M. Kuliah Pilihan Konsentrasi Wajib (Compulsory Concentration Courses) 3
4 M. Kuliah Pilihan Konsentrasi Wajib Compulsory Concentration Courses) 3
5 M. Kuliah Konsentrasi Bebas (Free Concentration Courses) 3
6 MN3203 Pengambilan Keputusan Manajerial (Managerial Decision Making) 3 Mata kuliah ini mempelajari teori yang berkaitan dengan pengambilan

keputusan mencakup topik-topik dasar-dasar teori kemungkinan, siklus

keputusan, struktur keputusan, penentuan pilihan, model dan nila

kemungkinan, preferensi serta studi kasus.

7 MN3204 Magang/ Kerja Praktek (Internship) 2
Total SKS 20  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SEMESTER 7
No Kode MK Mata Kuliah SKS Deskripsi
1 MN4111 Tugas Akhir (Final Project) 5
2 CO0011 Persiapan Memasuki Dunia Kerja dan Etika Profesi (Preparation to Enter Work and Profesional Ethics) 2 Mata kuliah ini fokus menyiapkan mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja dengan memberikan bekal pada aspek komunikasi efektif dalam konteks interaksi sosial meliputi, komunikasi organisasi, komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, dan komunikasi lintas budaya.
3 UP0014 Proyek Pengembangan Bisnis Terintegrasi (Integrated Business Development Project) 3 Mata kuliah ini mengenalkan kepada mahasiswa mengenai konsep mengenai manajemen proyek pengembangan bisnis terintegrasi untuk mencapai tujuan organisasi serta membantu mahasiswa memahami konsep, tahapan, dan tujuan dari tahapan pengembangan bisnis terintegrasi.
Total SKS 10  

 

  Stuktur SKS
1 M. Kul. Wajib Prodi+Skripsi+Magang (Compulsory  Courses+Final Project+Internship) 107
2 M. Kul. Dasar Universitas (Basic University Courses) 26
3 M. Kul. Konsentrasi Wajib/Bebas (Compulsory or Free Concentration Courses) 6
4 M. Kul. Pilihan Bebas (Elective Courses) 5
Jumlah SKS Total 144

 

  1. Mata Kuliah Pilihan Konsentrasi Wajib
KONSENTRASI MANAJEMEN KEUANGAN
No Kode MK Mata Kuliah SKS Deskripsi
1 MN3215 Manajemen Investasi dan Portofolio (Investment and Portfolio Management) 3 Mata kuliah ini berfokus pada konsep dasar dalam manajemen investasi dan

portofolio: trade off risiko-return, optimasi portofolio, diversifikasi dan

arbitrase.

2 MN3216 Manajemen Risiko (Risk Management) 3 Mata kuliah ini membahas tentang pengelolaan risiko secara sistematis dalam kondisi ketidakpastian yang berpotensi memberikan kerugian atau kerusakan terhadap aset dan pendapatan perusahaan sehingga diperlukan pengelolaan

yang tepat.

Total  SKS 6  

 

 

 

 

 

 

KONSENTRASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
No Kode MK Mata Kuliah SKS Deskripsi
1 MN3213 Manajemen Perubahan dan Pengembangan Organisasi (Change Management and Organizational Development) 3 Pengelolaan perubahan dan pengembangan organisasional merupakan tugas serius yang secara sadar harus menjadi prioritas pemimpin. Perubahan organisasional yang dipicu oleh faktor internal maupun eksternal, individual maupun kelompok, semakin kompleks dan mencakup berbagai aspek: pola pikir, perilaku, kultur dan sistem. Pendekatan perubahan harus bersifat holistik melalui proses perubahan transformasional yang mendasar. Hasil akhir yang ingin dicapai melalui proses perubahan tersebut adalah kapabilitas organisasi untuk melakukan pembelajaran dan perubahan terus menerus secara lebih efektif. Secara garis besar mata kuliah ini fokus pada beberapa topik: fondasi

perubahan dan pengembangan organisasi, level dan tipe perubahan organisasional, proses dan intervensi pengembangan organisasi.

2 MN3214 Manajemen Pelatihan dan Pengembangan (Training and Development Management) 3 Mata kuliah ini membahas pengelolaan pelatihan sebagai proses dimana SDM diarahkan untuk memiliki kemampuan-kemampuan spesifik tertentu untuk mencapai

tujuan organisasi dan pengembangan sebagai suatu proses sistematis untuk

meningkatkan kemampuan konseptual, pengambilan keputusan dan perilaku kerja.

    Total SKS 6  

 

KONSENTRASI MANAJEMEN PEMASARAN
No Kode MK Mata Kuliah SKS Deskripsi
1 MN3217 Strategi Pemasaran Digital (Digital Marketing Strategy) 3 Mata kuliah ini mempelajari strategi pemasaran yang dilakukan di media digital. Pelaksanaan dan implementasinya di sesuaikan dengan model bisnis, baik itu B2B (Business to Business) atau C2C (Customer to Customer). Selain itu , mata kuliah ini menyajikan pemahaman yang terinci terkait semua saluran dan kanal digital. Mahasiswa akan mendapatkan pengetahuan dan pembelajaran yang sangat efektif tentang bagaimana caranya merumuskan sterategi pemasaran digital yang efektif.
2 MN3218 Pemasaran Jasa (Service Marketing) 3 Pada mata kuliah Pemasaran Jasa mahasiswa akan mempelajari mengenai konsep pemasaran pada bisnis yang khususnya bergerak di bidang usaha jasa. Topik yang dibahas yaitu konsep dan sistem pemasaran jasa, perilaku konsumen jasa, produk

jasa, sistem penyampaian jasa, penentapan harga jasa, komunikasi pemasaran jasa terintegrasi, kualitas jasa dan nilai pelanggan, kepuasan pelanggan jasa, pemulihan jasa, pemasaran jasa internasional, strategi pemasaran jasa dan operasi jasa serta

implementasinya melalui studi kasus, kemampuan analisis tentang keunggulan, kelemahan, peluang dan ancaman dari usaha jasa.

Total SKS 6  

 

KONSENTRASI MANAJEMEN OPERASIONAL
No Kode MK Mata Kuliah SKS Deskripsi
1 MN3211 Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management) 3 Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan teori dan praktek kepada mahasiswa tentang manajemen rantai pasok sehingga memiliki kemampuan dan kompetensi untuk menganalisis dan mengembangkan sistem mengenai rantai pasok mulai dari awal pengadaan hingga sampai ke pengguna. Khususnya tentang prinsip

dasar dan standar rantai pasok serta prosesnya

2 MN3212 Manajemen Alih Daya Operasional (Operational Outsourcing Management) 3 Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan teori dan praktek kepada

mahasiswa tentang manajemen alih daya operasional sehingga memiliki kemampuan

dan kompetensi untuk menganalisis dan mengembangkan sistem mengenai alih daya

mulai dari awal pengambilan keputusan alih daya serta dapat mengkalkulasi resiko

yang timbul dan dapat melakukan mitigasinya.

    Total SKS 6  

 

 

 

 

KONSENTRASI KEWIRAUSAHAAN
No Kode MK Mata Kuliah SKS Deskripsi
1 MN3219 Kreativitas dan Inovasi (Creativity and Innovation) 3 Mata kuliah ini mengajarkan kepada mahasiswa memahami teori mdan konsep-konsep kreativitas dan inovasi serta penerapannya baik dalam kehidupan profesional maupun dalam bisnis sendiri. Hal ini berguna untuk menciptakan, mengembangkan, mendorong inovasi dalam iklim industri dan bisnis.
2 MN3220 Pengembangan Produk (Product Development) 3 Mata kuliah ini mengajarkan untuk memahami teori dan konsep-konsep dalam pengembangan produk. Hal ini berguna untuk menciptakan dan

mengembangkan secara komprehensif tahapan perancangan  produk dan mampu mengaplikasikannya dalam proses perancangan produk

Total SKS 6  

 

     

Mata Kuliah Konsentrasi Bebas

   
No Kode MK Mata Kuliah SKS Deskripsi
1 MN3221 Mj. Mutu dan Produktivitas (TQM) (Total Quality Management) 3 Mata kuliah ini membahas tentang konsep, problematika, dan aplikasi manajemen mutu untuk meningkatkan produktivitas kerja. Secara khusus pembahasan dalam mata kuliah ini: landasan filosofis, kriteria dan alat ukur, model dan pendekatan manajemen mutu, serta mendiskusikan implementasi

dan aplikasinya dalam mengembangkan organisasi, memberdayakan (empowering) individu dalam organisasi, sehingga memiliki cita, motivasi dan karya untuk menampilkan kinerja yang produktif

2 MN3222 Mj.  Pengadaan & Persediaan (Procurement and Inventory Management) 3 Mata kuliah ini akan memberikan bekal kepada mahasiswa agar memiliki kompetensi mengelola logistik untuk menunjang kelancaran kegiatan manajemen perkantoran.
3 MN3224 Manajemen Tenaga Kerja Kontrak dan Alih Daya SDM (Management of Contract Labor and Outsourcing of Human Resources) 3 Mata kuliah Manajemen Tenaga Kontrak dan Alih Daya SDM membahas pengelolaan Sumber Daya Manusia melalui alih daya dan tenaga kontrak.
4 MN3225 Manajemen Kinerja (Work Management) 3 Mata kuliah ini membahas pentingnya sistem manajemen kinerja yang efektif dalam membantu organisasi menentukan dan mencapai tujuan jangka pendek dan panjang. Ini menjelaskan dan memperkuat konsep bahwa manajemen kinerja bukanlah peristiwa pengawasan satu kali, tetapi proses yang berkelanjutan dari perencanaan,

memfasilitasi, menilai, dan meningkatkan kinerja individu dan organisasi. Selain itu, kursus menekankan pentingnya mengukur efektivitas kegiatan sumber daya manusia yang dirancang untuk meningkatkan kinerja individu dan organisasi.

5 MN3227 Manajemen Keuangan Internasional (International Financial Management) 3 Mata kuliah ini membahas peranan manajemen international finance, teori dan berbagai metode   yang efektif dalam membantu organisasi mengelola pengaruh dinamika perubahan ekonomi dan binsis international. Kuliah ini juga membahas kasus dan praktek-praktek manajemen keuangan international  kotemporer, sehingga mahasiswa dapat mengikuti perkembangan keuangan international terkini.
6 MN3228 Manajemen Keuangan dan Perbankan Syariah (Islamic Financial and Banking Management) 3 Mata kuliah ini membahas peranan manajemen keuangan dan perbankan syariah, teori dan berbagai metode  dalam praktek keuangan dan perbankan berbasis Syariah
7 MN3230 Riset Pemasaran (Marketing Research) 3 Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang riset di bidang pemasaran, mulai dari menemukan masalah, menyususn proposal, menyusun instrumen, menganalisis data, menginterpretasikan data, dan membuat laporan penelitian.
8 MN3231 Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Management) 3 Mempelajari berbagai pendekatan strategi manajemen dalam upaya menciptakan, mengembangkan dan mewujudkan hubungan yang saling menguntungkan dengan Pelanggan dalam jangka panjang, khususnya terhadap pelanggan potensial, untuk memaksimalkan customer value dan coporate profitability, dengan menekankan pemanfaatan teknologi informasi sebagai basis strategi hubungan.
9 MN3233 Manajemen Koperasi dan UKM (Management of Cooperatives and Small Medium Enterprises) 3 Mata kuliah ini membahas praktek koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Mahasiswa dapat memahami bagaimana membangun dan mengelola koperasi dan usaha kecil dan menengah.
10 MN3234 Bisnis Daring (Online Business) 3 Matakuliah membahas mengenai prosedur, tata cara serta hal-hal yang harus diketahui oleh seorang enterpreneur dalam menjalankan model bisnis secara online.
Total SKS 30  

 

Mata Kuliah Pilihan Bebas
No Kode MK Mata Kuliah SKS Deskripsi
1 MN3141 Perpajakan (Taxation) 2 Mata kuliah ini akan membahas mengenai Teori dan Kasus Perpajakan.
2 MN3142 Bisnis Syariah (Islamic Business) 2 Mata kuliah ini membahas peranan studi bisnis syariah, teori dan berbagai metode  dalam praktek bisnis yang berbasis syariah.
3 MN3143 Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (Safety and Security Management) 2 Mata kuliah ini mempelajari manajemen kesehatan dan keselamatan kerja sesuai kebijakan pemerintah mengenai perlindungan terhadap keselamatan kerja, standar kesehatan dan keselamatan kerja, pencegahan kecelakaan kerja, resiko kecelakaan kerja, manajemen keselamatan kerja, alat-alat pengaman, peraturan ketenaga kerjaan, hak dan kewajiban pekerja dan jaminan sosial bagi tenaga kerja.
4 MN3144 Bahasa Mandarin (Mandarin Language) 2 Mata kuliah ini mempelajari  empat kompetensi berbahasa (menyimak, membaca, berbicara, dan menulis) Mandarin dasar yang bisa digunakan dalam komunikasi bisnis
5 MN3145 Bahasa Prancis (French Language) 2 Mata kuliah ini mempelajari  empat kompetensi berbahasa (menyimak, membaca, berbicara, dan menulis)  Prancis dasar yang bisa digunakan dalam komunikasi bisnis
6 MN3146 Bahasa Arab (Arabic Language) 2 Mata kuliah ini mempelajari  empat kompetensi berbahasa (menyimak, membaca, berbicara, dan menulis) Arab dasar yang bisa digunakan dalam komunikasi bisnis
Total SKS 12