Manajemen

Program Studi Manajemen Universitas Pertamina (UP) jenjang S1 mempelajari berbagai aktivitas dan fungsi manajemen dalam organisasi. Berbeda dengan program studi manajemen di universitas lain, Program Studi Manajemen UP menerapkan kurikulum yang memiliki ciri khusus dalam penerapan di bidang bisnis dan teknologi energi. Sistem pembelajaran di Program Studi Manajemen UP dirancang menggunakan problem-based and work-integrated learning systems  untuk mempertajam kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan riil di lapangan. Kedekatan UP dengan PT Pertamina (Persero) dan anak-anak perusahaannya memungkinkan hal ini dilakukan dengan mulus, profesional dan mencerminkan kondisi riil di lapangan kerja di bidang energy. Dengan demikian, lulusan yang dihasilkan mampu berkarya di berbagai sektor baik nasional maupun internasional.

Tentang Program Studi

Program Studi Manajemen UP mendidik dan mendorong setiap mahasiswanya untuk dapat menggunakan kompetensi, keterampilan, dan pengetahuan terbaru sehingga nantinya menjadi lulusan yang berkarakter dan bertanggung jawab di segala bidang, khususnya di bidang teknologi dan bisnis energi.

Sistem pembelajaran problem-based learning di Program Studi Manajemen UP diterapkan untuk memberikan pemahaman yang lebih aplikatif agar mahasiswa Program Studi Manajemen UP menjadi lulusan yang memiliki pola pikir yang kritis, kreatif dan inovatif. Selain itu, Program Studi Manajemen UP mengimplementasikan sistem pembelajaran project-integrated learning yang mengintegrasikan pembelajaran teori di kelas dengan praktik di lapangan kerja melalui keterlibatan mahasiswa pada dunia praktis dengan melakukan kerja praktik/magang, pelaksanaan mata kuliah proyek penciptaan bisnis dan proyek bisnis sosial.

Program Studi Manajemen UP memiliki beberapa mata kuliah khusus yang tidak dimiliki universitas lain. Diantaranya adalah Berpikir Kritis, Berpikir Solusi Kreatif, Pengantar Teknologi dan Bisnis Energi, Konsep Pengembangan dan Ilmu Pengetahuan, Komunikasi Profesi serta mata kuliah utama dan konsentrasi lainnya.

Mata kuliah utama membahas konsep dasar mengenai manajemen dan bisnis. Sedangkan mata kuliah konsentrasi disesuaikan dengan minat pada beberapa fungsi manajemen.

Lulusan Program Studi Manajemen UP dapat berkarir dan berkarya sebagai Dosen, Peneliti, Pengusaha, Bankir, Konsultan Manajemen dan Bisnis, Manajer Sumber Daya Manusia, Keuangan, Pemasaran, dan Operasional pada perusahaan swasta nasional dan internasional, BUMN (Badan Usaha Milik Negara) di berbagai sektor serta pegawai di berbagai lembaga negara.

Dalam mencetak para profesional yang handal dalam bidang manajemen. Program Studi Manajemen UP menyediakan peminatan keahlian untuk mempertajam kemampuan mahasiswa dalam berbagai fungsi manajerial. Peminatan yang dimaksudkan terdiri dari:

 

  • Operational Management
  • Financial Management
  • Marketing Management
  • Human Resource Management
  • Entrepreneurship
  • Company Visit / Kunjungan Perusahaan ke Direktorat Sumber Daya Manusia PT. Pertamina (Persero), Jakarta Pusat
  • Seminar Kewirausahaan: Spirit of Entrepreneurship Development Universitas Pertamina 1 (SPEED-UP 1) – How to be a studentpreneur
  • Company Visit / Kunjungan Perusahaan ke PT. Garuda Maintenance Facilities (PT. GMF), Tangerang
  • Company Visit / Kunjungan Perusahaan ke Pabrik PT. Amerta Indah Otsuka, Sukabumi
  • Pembentukan Indonesian Marketing Association (IMA) Student Network Universitas Pertamina
  • Pembangunan Galeri Investasi Universitas Pertamina
  • Seminar Kewirausahaan: Spirit of Entrepreneurship Development Universitas Pertamina 1 (SPEED-UP 1) – Kisah Sukses Pengusaha Muda Peter Tan Menjual Kopi Wamena
  • Kuliah Tamu tentang VUCA Leadership dari Ir. Ihsanuddin Usman, MBA (VP People Development PT. Pertamina (Persero))
  • Kuliah Tamu tentang Big Data for Marketers dari Senior Big Data Analyst, Panji Winarta